Beranda » Blog » Perbedaan GRC Dan Gypsum

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Diposting pada 10 Oktober 2020 oleh admin / Dilihat: 1.138 kali / Kategori:

Atap adalah salah satu interior bangunan yang berfungsi sebagai sekat antara atap bangunan dan ruangan, sehingga ruangan tetap bersih dari debu / kotoran yang sering jatuh dari langit-langit. Untuk membuat atap, ada beberapa bahan yang biasa digunakan, pada kesempatan kali ini kami mencoba memaparkan 2 jenis bahan atap saja yaitu GRC dan Gypsum.

Mengenai perbedaan GRC dan Gypsum, mungkin anda sebagian sudah mengetahuinya. Jika kita membandingkan antara Plafon GRC dan Plafon Gypsum ini pastinya ada perbedaan.

Jenis Plafon GRC

Perbedaan GRC Dan Gypsum

grc

GRC adalah plafon yang menggunakan papan semen fiber glass yang kuat dan tahan terhadap air. Selain itu, plafon GRC juga merupakan jenis plafon yang kuat.

Plafon ini memiliki kualitas yang lebih kuat daripada plafon Gypsum, juga lebih tahan lama. Meskipun harga plafon GRC relatif lebih mahal, plafon GRC lebih tahan lama.

Papan Plafon Gypsum

gypsum

gypsum

Gypsum merupakan material pelapis interior untuk dinding pembatas atau partisi dan untuk plafon rumah atau bangunan. Saat ini, penggunaan gypsum untuk sudah semakin meluas karena bahanya yang tahan akan api, bobotnya ringan serta pengerjaanya cepat dan mudah kering.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa merk Gypsum antara lain Aplus, Jayaboard, Indoboard, Knauf, Gyproc dan lain sebagainya.

 

Baca : Teknologi Baja Ringan Antivirus Untuk Cegah Penyebaran COVID-19

 

Perbedaan antara GRC dengan Gypsum

Kita dapat menyimpulkan perbedaan antara grc dan gypsum berdasarkan dari karekterisrik dan pemasanganya, antara lain.

  1. Papan GRC lebih lentur, untuk aplikasi desain yang melengkung. Sedangkan papan gypsum lebih kaku.
  2. Bila plafon dengan papan grc dan menggunakan rangka hollow atau metal furring, maka tebal papan yang kita gunakan adalah 6mm. Kalau harus menggunakan papan dengan tebal lebih tipis, kami sarankan kontruksi rangka harus kita beri tambahan untuk mencegah lendutan dan keretakan pada nat sambungan.
  3. Dari kekuatan material terhadap suhu lembab dan benturan papan grc lebih baik, sedangkan untuk kemudahan pemasangan dan kerapihan papan gypsum lebih unggul, jika kita bandingkan berat/m2 papan grc lebih berat jika kita banding papan gypsum.
  4. Papan gypsum lebih rentan terhadap area lembab. Untuk aplikasi pada kondisi ini bisa menggunakan papan dengan jenis wet area. Sedangkan papan grc lebih tahan terhadap kelembaban tetapi kurang rapi di finishing.
  5. Papan Gypsum lebih mudah dalam pemasangan dan finishing lebih rapi. Untuk sistem sambungan tertutup khususnya dengan menggunakan sistem rangka hollow dan metal furring dengan perekatan skrup.
  6. Papan grc aplikasinya harus menggunakan sistem sambungan terbuka (ada nat) untuk tebal 3mm s/d 4.5mm. Meggunakan rangka hollow dan metal furring dengan perekat skrup, bila papan dengan tebal min 6mm sambungan dapat dibuat rapat (tanpa nat).
  7. Untuk papan gypsum lebih mudah dalam memperbaiki bila terjadi kerusakan, sedangakan papan grc lebih rumit karena harus banyak membongkar bidang papan.

 

Baca juga : Harga Sewa Pompa Beton Standar

 

 

Tags:

Bagikan ke

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Pengertian Besi Wiremesh dan Tips Memilih Wiremesh yang Bagus
4 Agustus 2019

Besi wiremesh adalah besi dengan bentuk seperti kawat yang dianyam menjadi lembaran yang digunakan untuk alas pengecoran. Ukuran diameter besi... selengkapnya

Teknologi Baja Ringan Antivirus Untuk Cegah Penyebaran COVID-19
1 Maret 2021

Teknologi baja ringan antivirus untuk cegah penyebaran COVID-19 lahir dari hasil uji laboratorium, baja ringan antivirus ini terbukti dapat menangkal... selengkapnya

Jenis-Jenis Genteng Metal Yang Perlu Anda Ketahui
10 Oktober 2020

Genteng metal adalah sebuah genteng modern yang biasanya digunakan untuk mengganti genteng yang terbuat dari tanah liat, berikut penjelasan Jenis-Jenis... selengkapnya

Pengertian Bondek Pelapis Cor Lantai Populer
30 Agustus 2019

Anda pernah mendengar istilah bondek? bahan pelapis cor lantai yang begitu populer? Kami yakin anda pernah mendengar kata bondek dalam... selengkapnya

Perbedaan GRC Dan Gypsum
10 Oktober 2020

Atap adalah salah satu interior bangunan yang berfungsi sebagai sekat antara atap bangunan dan ruangan, sehingga ruangan tetap bersih dari... selengkapnya

Pengertian, Fungsi dan Jenis Besi Hollow
4 Juli 2020

Saat ini hampir seluruh konstruksi bangunan menggunakan besi hollow. Selain karena kokoh, besi ini dapat membantu meningkatkan estetika material bangunan... selengkapnya

Pengertian Atap Spandek Dan Jenisnya
4 Agustus 2019

Pengertian Atap Spandek adalah salah satu bahan material konstruksi bangunan yang digunakan untuk keperluan atap dan dinding bangunan, Atap Spandek... selengkapnya

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Azis
● online
Muarifin
● online
Al-Kautsar
● online
Azis
● online
Halo, perkenalkan saya Azis
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: