Beranda » Dunia Konstruksi » Jenis-Jenis Genteng Metal

Jenis-Jenis Genteng Metal

Diposting pada 10 Oktober 2020 oleh admin | Dilihat: 559 kali | Kategori:

Genteng metal adalah sebuah genteng modern yang biasanya digunakan untuk mengganti genteng yang terbuat dari tanah liat, berikut penjelasan Jenis-Jenis Genteng Metal.

Tampilan genteng ini sendiri secara umum mirip dengan genteng lainnya, namun memiliki bahan dasar yang terbuat dari campuran bahan-bahan logam seperti zincalume, baja ringan dan galvanis. Genteng metal memiliki beberapa kelebihan dibandingkan genteng dari tanah liat. Berkat kelebihannya ini, popularitas genteng metal semakin meningkat di mata konsumen.

genteng metal

genteng metal

Kelebihan Genteng Metal

Awet, Anti-pecah, Jamur, Lapuk dan Tahan Rayap

Dengan karakteristik tersebut, genteng metal bisa dipakai hingga berpuluh-puluh tahun tanpa mengalami kerusakan yang serius. Genteng ini juga diklaim bebas perawatan.

Bobot genteng metal sangatlah ringan

Rata-rata berat susunan genteng metal yang membentuk luas 1 m2 adalah 7 kg. Coba bandingkan dengan atap beton yang memiliki bobot sekitar 60 kg untuk membentuk luas bidang yang sama. Ini berarti genteng metal aman digunakan dan merupakan pilihan atap terbaik untuk daerah-daerah yang rawan gempa.

Bobot genteng metal yang sangat ringan akhirnya membuat material tidak terlalu membutuhkan struktur rangka atap yang rumit. Biasanya, genteng ini dipasang dengan penyangga yang terbuat dari bahan baja ringan. Untuk alasan keindahan, boleh juga Anda menggunakan rangka kayu, malahan kebutuhannya bakal lebih sedikit dan semakin hemat.

Mudah Dipasang dengan Singkat

Anda tinggal meletakkannya secara teratur di atas rangka atap, lalu menancapkan beberapa buah sekrup, genteng pun sudah terpasang dengan kuat dan benar. Bahkan, genteng metal diklaim memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan hembusan angin kencang dan guncangan gempa.

Terbuat dari Bahan yang Ramah Lingkungan

Genteng ini terbuat dari bahan-bahan daur ulang yang mencapai 60 persen. Teknologi pembuatannya pun memanfaatkan energi dengan sangat efisien. Bahkan, genteng metal yang telah mengalami kerusakan bisa dipakai lagi sebagai bahan dasar pembuatan genteng yang baru.

 

baca : harga sandwich panel dinding

 

Jenis-Jenis Genteng Metal

Genteng metal berpasir

Merupakan sebuah terobosan baru pada jenis genteng metal. Bahan yang digunakan untuk membuat genteng metal berpasir yaitu lapisan serbuk batuan dengan campuran bahan dasar zincalume, zinc fosfat, dan juga campuran coraltex. Genteng metal berpasir mempunyai varian ukuran untuk hunian mulai dari ketebalan 0,20 mm hingga 0,40 mm.

Saat ini sudah banyak kita pakai dan kita pergunakan sebagai atap rumah tinggal dan lainya menggantikan genteng biasa. Genteng metal berlapis pasir memiliki aplikasi berupa laminasi polypropylene dan serbuk batuan untuk meredam panas sinar matahari dan meredam suara air hujan yang jatuh pada atap agar tidak bersik.

Apa Saja Keungulan Genteng Metal Pasir ?

  1. Anti bocor
  2. Antirayap
  3. Anti panas
  4. Bebas korosi
  5. Insulasi suara
  6. Ringan dan Kuat
  7. Tidak merambat APi
  8. Pemasanganya cepat dan lebih ekonomis

Genteng metal spandek

Umumnya aplikasinya sebagai bagian penutup atap pada mall, desain-desain ruko minimalis, pabrik, dan gudang. Genteng metal ini terbuat dari bahan galvalum atau zincalume yang terdiri dari campuran seng dan aluminium. Namun, ada beberapa produsen atap spandek yang menambahkan bahan silikon untuk meningkatkan kelenturan atap.

Genteng metal stainless steel

Adalah bahan ultra-permanen yang sempurna untuk menjadi proteksi paling luar pada sebuah bangunan. Genteng metal ini merupakan genteng metal yang jauh lebih berat dan kuat ketimbang alumunium. Sebagai salah satu jenis bahan bangunan terpopuler, genteng metal ini sangat ideal untuk bangunan yang berada di wilayah-wilayah yang memiliki cuaca ekstrem.

Genteng metal standing seam

Mungkin merupakan genteng metal yang paling populer untuk proyek-proyek komersial maupun residensial. Popularitas jenis ini meningkat tajam dalam satu dekade terakhir. Genteng metal standing seam memberikan sebuah tampilan kontemporer dan khas karena hanya memiliki satu garis lurus yang berjejer.

Genteng metal milenium

Merupakan inovasi terbaru dari model atap. Genteng metal ini memiliki warna-warni metalik dan memberi kesan yang futuristik karena terbuat dari bahan stainless steel kelas premium ASTMA 240 dan menggunakan interlock system. Bila terkena pancaran sinar matahari, warna-warni dari genteng akan berkilau dengan indah.

Genteng metal tembaga

Terkenal sebagai salah satu pilihan genteng metal yang paling menarik dan termasuk yang paling mahal jika kita banding varian genteng lain. Karena itu, tidak banyak yang menerapkan genteng metal ini. Biasanya, genteng metal tembaga hanya kita gunakan sebagai aksen penghias pada atas jendela. Tembaga sendiri memiliki daya tahan kuat, bahkan terklaim lebih dari 100 tahun.

Gentel metal galvalume steel

Berbahan utama dari karbon/baja besi yang terlapisi dengan paduan aluminium dan seng terkenal dengan nama galvalume steel. Genteng metal ini berupa lembaran mirip seng dan kita tanam pada balok gording rangka atau memakai sekrup. Material gavalume steel sendiri cenderung lentur dan ringan karena terbuat dari baja yang ringan.

Harga Genteng Metal

Umumnya, toko bangunan menjual genteng metal dengan hitungan per lembar. Harga genteng metal sendiri bervariasi, tergantung tipe. Jika kita ukur dalam hitungan per m2, maka 1 m2 sama dengan sekitar 1,3 hingga 1,6 lembar genteng metal.

Demikian ulasan Jenis-Jenis Genteng Metal. Untuk mengecek harganya anda bisa langsung ke sini

 

Baca juga : Perbedaan antara GRC dengan Gypsum

 

 

Bagikan

Jenis-Jenis Genteng Metal | Bahan Konstruksi

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Anda Mungkin Suka

Head Office

bahan-konstruksi.com adalah salah satu website pemasaran bahan konstruksi CV Indosarana Gemilang. Anda dapat menemukan berbagai kebutuhan material konstruksi di sini.

Alamat Kantor
Cikampek Baru 2 Kec. Jatisari Kab. Karawang
Blok 10.7 No.10

Live Chat
Senin-Sabtu (08:00 – 22:00) WIB

Chat via Whatsapp
Al-Kautsar
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Al-Kautsar
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja